Siap Jadi Backpacker? Baca Dulu 10 Tips Traveling Ala Backpacker Berikut Ini!

Sudah siap traveling ala backpacker? Banyak yang belum berani menjadi backpacker karena backpacker itu terkesan nekat dan butuh keberanian. Selain itu ribet, karena semuanya harus kita urus sendiri tanpa mengandalkan trip organizer. Padahal, justru itulh yang membuat trip ala backpacker menjadi jauh lebih murah. Buat kamu yang belum pernah melakoni travelling dengan backpacker style, tapi memiliki keinginan untuk menjalani tipe perjalanan yang demikian. 10 tips traveling berikut ini yang sebaiknya kamu simak baik-baik.

Lakukan riset terlebih dahulu bekenaan dengan lingkungan dan budaya tempat yang hendak didatangi

Kalau traveling kesana aja belum pernah, bagaimana caranya bisa bikin itinerari? Jangan khawatir, saat ini banyak kok itinerary yang tersebar di internet. Kalaupun bentuknya bukan seperti itinerary, banyak yang menulis dalam bentuk catatan perjalanan di blog. Enak kan malah lebih detail. Nah, semakin kamu kepo dengan blog-blog traveler tersebut, akan semakin banyak referensi yang akan kamu dapatkan.

Selain itu, lakukan riset terlebih dahulu bekenaan dengan lingkungan dan budaya tempat yang hendak didatangi. Penting untuk melakukan ini. Jadi, kamu bisa mempelajari medan perjalanan yang hendak ditempuh. Apa yang boleh dan enggak boleh dilakukan di tempat tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk penghargaan kepada penduduk lokal.

Buatlah itinerary perjalanan agar perjalananmu terasa lebih aman

Kata sebuah kata bijak, gagal dalam merencanakan sesuatu berarti kita sedang merencanakan perjalanan. Hal yang sama juga berlaku pada traveling. Karena itulah itineraryberperan penting bagi backpacker, terutama bagi pemula. Kamu nggak mau perjalananmu kacau karena nggak tau apa-apa kan? Dalam perjalanan itu lumrah jika terjadi kejadian tidak terduga. Nah, si itinerary ini akan membantumu mengurangi masalah-masalah tak terduga tersebut.

Memang, apa aja sih itinerary itu? Itinerary sebenarnya bukan seperti template yang harus saklek kamu ikuti. Selama itu memudahkan saat perjalanan, itu sudah cocok disebut itinerary. Kebanyakan itinerary hanya berisi jadwal setiap perjalanan beserta tempat yang akan kamu kunjungi. Selain itu perkirakan juga budgetnya dari awal agar nanti nggak perlu repot-repot nyari ATM buat ngambil uang.

Berburu promo

Hal paling penting buat jadi backpacker adalah kesiapsiagaan ketika ada promo pesawat atau kereta yang tiba-tiba datang. Ya, kita tau sendiri biaya paling tinggi buat backpacker-an itu ya di transport dan penginapan. Kamu harus siap ketika promo datang, harga tiket pesawat bisa murah banget bahkan bisa gratis!

Berhati-hati untuk menyusun jadwal perjalanan

Jangan sampai terlalu padat dan malah merenggut makna perjalanan itu sendiri. Ada baiknya kamu luangkan beberapa waktu untuk sekedar duduk di cafe dan memperhatikan lingkungan sekitar.

Merencanakan dana tak terduga

Ini kamu lakukan sebagai bentuk kewaspadaanmu dalam travelling. Jangan sampai enggak menyisihkan dana darurat dan membuat seluruh perjalananmu jadi berantakan.

Mengetahui alternatif transportasi

Misalnya, kamu bisa gunakan bus hop-on-hop-off di beberapa kota dunia agar merasakan sensasi menaiki transportasi lokal. Ini juga sebagai upaya berhemat dalam travelling.

Perhatikan ukuran backpack yang kamu gunakan

Jangan sampai terlalu besar dan akhirnya menyulitkan langkahmu. Jangan juga terlalu kecil, dan enggak bisa memuat barang-barang penting yang dibutuhkan.

Memilih tas yang nyaman untuk dipakai

Karena kamu akan membawanya dalam waktu yang lama, tingkat kenyamanan pun harus jadi prioritas. Kalau diabaikan, nanti kamu memendam sesal selama perjalanan, lho.

Hindari memakai baju atau sepatu baru

Karena belum tahu seberapa nyaman saat memakainya, sebaiknya kamu hindari memakai baju atau sepatu baru.

Bawa travel kit

Selain perhatikan hal-hal di atas, kamu juga perlu bawa travel kit. Buat apa sih? Misalnya travel kit yang berupa produk perawatan sepatu dan tas. Fungsinya ketika sepatu atau tas kita kotor bisa langsung dibersihkan. Nah, travel kit seperti apa yang bagus dan tidak mudah membuat rusak tas maupun sepatu? Pilihannya adalah Kans Care. Travel Kit dari Kans Care ini punya bahan yang alami dan melindungi sepatu lebih baik. Jangan khawatir, bahannya juga tidak merusak lingkungan lho!

Nah, setelah membaca 10 tips traveling buat backpacker, kamu makin siap kan? Jangan lupa juga siapkan obat-obatan di dalam ranselmu ya. Happy traveling!